Header Ads

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Berlari


Berlari adalah cara terbaik untuk mendapatkan bentuk tubuh dan hampir semua orang dapat melakukannya. Nggak perlu ke gym mewah, peralatan mahal, atau menyewa trainer profesional untuk melakukan latihan. Cukup siapkan sepasang sepatu kets, dan keluar berlari mengelilingi kompleks perumahan misalnya. Its easy!

Mengingat begitu mudahnya olahraga lari, banyak pemula langsung terjun tanpa benar-benar mengetahui apa yang diperlukan untuk membentuk rutinitas yang sehat. Banyak yang membuat sejumlah kesalahan umum, yang dapat mengganggu latihan atau menyebabkan cedera. Jika kamu baru memulai, perhatikan dan catat hal-hal berikut ini.


Terlalu banyak berlari dalam waktu singkat.
Salah satu kesalahan terbesar pelari pemula adalah terlalu tergesa-gesa. Memilih hobi baru seperti berlari memang menarik, tetapi pelari pemula perlu melonggarkan olahraga dengan membangun basis jarak tempuh sebelum meningkatkan jarak, intensitas, dan frekuensi lari mereka. Pelonggaran pelan-pelan ke dalam program pelatihan akan membantu mengurangi risiko cedera, sehingga kamu biss melanjutkan rutinitas baru ini. Banyak ahli menyarankan untuk meningkatkan jarak tempuh kamu tidak lebih dari 10% setiap minggu.


Tidak beristirahat.
Pemula mungkin berpikir mereka harus berlari setiap hari (atau hampir setiap hari) untuk memenuhi target kebugaran atau penurunan berat badan mereka, dan hal ini gak sepenuhnya benar. Berlari adalah aktivitas yang berdampak tinggi yang dapat sangat sulit bagi tubuh kamu, terutama bagi pelari pemula yang otot dan tulangnya belum dikondisikan untuk latihan yang intens seperti itu. Jadi penting untuk memberi tubuh banyak istirahat di sela-sela latihan. Selingi dengan beberapa hari untuk beristirahat.


Tidak menggunakan peralatan yang tepat
Meskipun mungkin benar bahwa lari nggak perlu peralatan yang mahal untuk menjalankannya, penting bagi kamu untuk menggunakan peralatan yang tepat untuk latihan kamu. Peralatan terpenting untuk berlari adalah sepasang sepatu lari yang bagus, jadi pastikan untuk melakukan riset sebelum kamu membeli sepasang sepatu. Kunjungi toko khusus yang sedang buka dan mintalah seorang karyawan untuk mencocokkan sepatu kamu.


Berlari melawan rasa sakit
Berlari terkadang tidak nyaman, terutama bagi pelari baru. Hal itu memang wajar, tetapi rasa sakit adalah cerita yang berbeda sama sekali. Jika ada yang sakit saat kamu berlari, jangan dipaksa. Berhentilah dan obati rasa sakitnya. Mendengarkan tubuh untuk tetap sehat adalah hal yang harus diperhatikan oleh seorang pelari.


Membandingkan diri dengan orang lain
Ketika baru memulai berlari, sulit untuk tidak membandingkan diri kamu dengan orang lain. Saat melihat orang lain sudah berlari sejauh beberapa kilometer, jangan merasa bahwa dirimu bukan apa-apa. Daripada meremehkan diri sendiri, ingatlah bahwa setiap pelari dulunya juga seorang pemula dan gunakan keberhasilan mereka sebagai motivasi, niscaya kamu akan lebih terpacu dalam berlari. Semangat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.