Header Ads

Berapa Lama Sebenarnya Durasi Film Avengers : Infinity War?


Akhir-akhir ini terjadi perdebatan di jagat maya terkait dengan adanya pemotongan durasi film Avengers : Infinity War oleh Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia. Pemotongan itu bahkan tidak tanggung-tanggung, mencapai tujuh menit lebih pendek dari durasi sebelumnya, yaitu yang semula 156 menit menjadi 149 menit. Kabar ini tentu membuat para penggemar Marvel di Indonesia keberatan dan meminta LSF untuk mengkaji ulang keputusan tersebut.




Menanggapi kabar ini, ketua LSF, Ahmad Yani langsung membuat pernyataan dengan mengatakan bahwa beliau memang sudah menandatangi hasil penyensoran tersebut, namun masih belum menonton filmnya karena yang menyensor adalah dari tim LSF.

“Saya memang belum melihat, yang tanda tangan kan memang saya. Saya tidak tahu persis apa yang direvisi terhadap film ini ya. Intinya secara umum, enggak banyak film yang direvisi.”, ujar pak Ahmad Yani.

Dari penjelasan pak Yani, disebutkan bahwa bentuk-bentuk penyensoran juga dipengaruhi oleh klasifikasi usia film tersebut, dengan kategori umur yang diakui oleh LSF mulai dari SA (Semua Umur), 13+, 17+, hingga 21+. Ia mengatakan, bila ada film yang didaftarkan klasifikasinya sebagai film untuk 13+ namun memiliki konten yang dianggap masih kurang layak, maka akan terjadi revisi.

Namun dalam sebuah tweet yang diunggah oleh akun Twitter resmi LSF Indonesia, mereka mengatakan bahwa film tersebut telah lulus sensor tanpa pemotongan adegan sama sekali dan mendapatkan klasifikasi umur 13+, sesuai dengan klasifikasi dari MPAA (badan sensor Amerika) yaitu PG-13 (untuk penonton 13 tahun ke atas).

Jika benar bahwa film ini tidak disensor sama sekali, kenapa perbedaan durasi antara IMDb dan durasi aktualnya cukup besar? Usut punya usut, ternyata ini merupakan kesalahan informasi yang dicantumkan oleh jaringan bioskop AMC di Amerika, yang sering menjadi patokan untuk durasi resmi film-film Hollywood.

Seperti diketahui, pada tanggal 8 Maret 2018, situs resmi bioskop AMC masih mencantumkan durasi placeholder (sementara) untuk film tersebut sepanjang 156 menit, yang kemudian diberitakan oleh banyak situs-situs geek dan film yang langsung berasumsi bahwa durasi tersebut sudah final, mengingat AMC dikenal akurat.

Namun pada tanggal 14 Maret 2018, pihak AMC telah merevisi durasi tersebut menjadi 150 menit.

Sayangnya, beberapa situs informasi film populer seperti IMDb masih mencantumkan durasi 156 menit tersebut, sehingga terjadilah miskomunikasi antara banyak pihak. IMDb pun seharusnya lebih berhati-hati dalam mencantumkan informasi seperti ini dengan menunggu laporan resmi dari studio, alih-alih mencontoh informasi bersifat sementara.

Informasi dari situs resmi bioskop AMC
Tidak hanya Indonesia, jaringan bioskop Australia juga mencantumkan 149 menit pada durasi film tersebut, sama seperti informasi yang diberikan oleh LSF.


Jika durasi yang tercantum di situs AMC 150 menit, berarti ada perbedaan satu menit dong? Tenang, hal seperti ini sangat lumrah terjadi. Perbedaan durasi 1-2 menit ini biasanya terjadi karena dari kalibrasi data DCP (Digital Cinema Package) yang biasanya berbeda-beda, untuk penjelasan lengkap mengenai kalibrasi lead in/lead out DCP ini bisa kalian baca di forum-forum digital cinema.

Sudah jelas? Semoga memberikan ketenangan untuk tetap menonton Infinity War ya. Sepatutnya kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, apalagi untuk film yang memang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena dapat menimbulkan keributan yang tidak diinginkan. Jadi, selamat menonton pada 25 April, dan ingat, jangan spoiler ya! #ThanosDemandsYourSilence

Sumber : Duniaku


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.